Minggu, 15 April 2012

Cara Mengobati Penyakit Asma

Berikut ini saya sampaikan tentang penyakit asma beserta dengan cara mengobati penyakit asma tanpa efek samping negatif yang membahayakan tubuh menggunakan obat alami penyakit asma.
  • Definisi asma
Asma adalah penyakit paru-paru kronis yang menyebabkan penderita sulit bernapas. Hal ini disebabkan karena pengencangan dari otot sekitar saluran pernafasan, peradangan, rasa nyeri, pembengkakan, dan iritasi pada saluran nafas di paru-paru.
  • Jenis Asma
Sebenarnya ada beberapa jenis asma. Memahami jenis spesifik asma Anda, dapat membantu Anda mendapatkan perawatan yang paling efektif. Beberapa jenis asma:
* Allergic asthma

* Exercise induced asthma

* Occupation asthma

* Cough variant asthma

* Nocturnal (nighttime) asthma
  • Penyebab Asma
asma 
Pada suatu serangan asma, otot polos dari bronki mengalami kejang dan jaringan yang melapisi saluran udara mengalami pembengkakan karena adanya peradangan dan pelepasan lendir ke dalam saluran udara. Hal ini akan memperkecil diameter dari saluran udara (disebut bronkokonstriksi) dan penyempitan ini menyebabkan penderita harus berusaha sekuat tenaga supaya dapat bernafas.
Sel-sel tertentu di dalam saluran udara (terutama sel mast) diduga bertanggungjawab terhadap awal mula terjadinya penyempitan ini. Sel mast di sepanjang bronki melepaskan bahan seperti histamin dan leukotrien yang menyebabkan terjadinya: – kontraksi otot polos – peningkatan pembentukan lendir – perpindahan sel darah putih tertentu ke bronki. Sel mast mengeluarkan bahan tersebut sebagai respon terhadap sesuatu yang mereka kenal sebagai benda asing (alergen), seperti serbuk sari, debu halus yang terdapat di dalam rumah atau bulu binatang.
Tetapi asma juga bisa terjadi pada beberapa orang tanpa alergi tertentu. Reaksi yang sama terjadi jika orang tersebut melakukan olah raga atau berada dalam cuaca dingin. Stres dan kecemasan juga bisa memicu dilepaskannya histamin dan leukotrien.
Sel lainnya (eosnofil) yang ditemukan di dalam saluran udara penderita asma melepaskan bahan lainnya (juga leukotrien), yang juga menyebabkan penyempitan saluran udara.” Sebenarnya penyebab pasti asma belum diketahui, masih banyak yang mengira bahwa faktor-faktor berikut ini dapat menyebabkan asma atau faktor risiko asma:
* Kecenderungan dari alergi

* Sejarah Keluarga asma

* Infeksi pernafasan pada anak usia dini

* Alergi udara dan infeksi virus pada anak usia dini, pada saat sistem kekebalan sedang berkembang

* Eksposur ke asap rokok

* Kegemukan (Obesitas)
Namun demikian yang dapat disimpulkan adalah bahwa pada penderita asma saluran pernapasannya memiliki sifat yang khas yaitu sangat peka terhadap berbagai rangsangan (bronchial hyperreactivity = hiperreaktivitas saluran napas) seperti polusi udara (asap, debu, zat kimia), serbuk sari, udara dingin, makanan, hewan berbulu, tekanan jiwa, bau/aroma menyengat (misalnya;parfum) dan olahraga.
Selain itu terjadinya serangan asma sebagai akibat dampak penderita mengalami infeksi saluran pernafasan atas (ISPA) baik flu ataupun sinisitis. Serangan penyakit asma juga bisa dialami oleh beberapa wanita dimasa siklus menstruasi, hal ini sangat jarang sekali.
  •  Tanda dan Gejala Penyakit Asma
Adapun tanda dan gejala penyakit asma diantaranya :
– Pernafasan berbunyi (wheezing/mengi/bengek) terutama saat mengeluarkan nafas (exhalation).

– Adanya sesak nafas sebagai akibat penyempitan saluran bronki (bronchiale).

– Batuk berkepanjangan di waktu malam hari atau cuaca dingin.

– Adanya keluhan penderita yang merasakan dada sempit..

– Serangan asma yang hebat menyebabkan tidak dapat berbicara karena kesulitan mengatur pernafasan.
  •  Cara Mencegah dan juga Cara Mengobati Penyakit Asma
Serangan asma dapat dicegah jika faktor pemicunya diketahui dan bisa dihindari. Serangan yang dipicu oleh olah raga bisa dihindari dengan meminum obat sebelum melakukan olah raga. Cara mengobati penyakit asma yang lain adalah dengan menggunakan obat alami penyakit asma jelly gamat.

0 komentar:

Posting Komentar

Berikut Adalah Peraturan Dalam Berkomentar Di Blog Ini :

1. Dilarang menyebarkan hal-hal yang negative.
2. Dilarang menyepam di post kami.
3. Dilarang menyebarkan PORNOGRAFI atau SARA di bLog ini.

2012© All Rights Reserved.
▐▌▌│▌▌▌│▌▌│▌▌▌▌▐│▌▌
✔ Vᴇʀɪfɪᴇᴅ BʟᴏG Offɪᴄɪᴀʟ
© BʟᴏG Oʀɪɢɪɴᴀʟ & Offɪᴄɪᴀʟ